Minggu, November 28onlinenews.co.id
Shadow

Wujudkan Program Prioritas, KKP Cetak ASN Profesional

ONLINENEWS : JAKARTA – Dalam mewujudkan program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang digaungkan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, perlu adanya dukungan dari para pemimpin perubahan yang memiliki kompetensi kepemimpinan yang adaptif, yang mampu menjawab  tantangan  birokrasi, baik tantangan internal maupun tantangan eksternal.

Untuk mencetak pemimpin yang kompeten, KKP melalui Balai Diklat Aparatur (BDA) Sukamandi, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi seluruh kalangan masyarakat, utamanya para ASN dan pelaku utama sektor kelautan dan perikanan melalui kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) ke-XV Tahun 2021.

Pelatihan kepemimpinan diselenggarakan selama 91 hari, mulai 5 Juli hingga 9 November 2021. Kegiatan ini diikuti 26 peserta, yang terdiri: pegawai KKP 22 orang dan pegawai Dinas Kabupaten Subang 4 orang.

Pada penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan XV, Plt. Kepala BRSDM, Kusdiantoro, dalam arahannya menyampaikan bahwa pelatihan digelar dalam rangka mendukung akselerasi program prioritas KKP di tahun 2021-2024, yakni peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sumber daya alam perikanan tangkap untuk peningkatan kesejahteraan; pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung riset kelautan dan perikanan; serta pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya air tawar, air payau dan air laut berbasis kearifan lokal.

“Perubahan yang cepat akibat globalisasi menyebabkan pertumbuhan yang luar biasa dalam berbagai sektor. Inovasi adalah kunci untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan, karena inovasi mendukung penciptaan industri, bisnis, dan lapangan kerja baru dan juga meningkatkan efisiensi, kualitas dari barang dan jasa. Oleh karena itu dalam perkembangan pasar yang semakin global, para inovator atau pemimpin memiliki posisi untuk  menjawab tantangan-tantangan dimaksud. Mereka juga dituntut untuk memiliki kinerja tinggi, efisien, efektif, akuntabel, berintegritas dan berdaya saing tinggi,” terang Kusdiantoro.

Pihaknya turut menegaskan bahwa setiap ASN juga harus memiliki fondasi budaya kerja yang profesional dengan menerapkan Core Values ASN, yakni BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

“Jika semua Core Values BerAKHLAK dapat diserap dan diimplementasikan oleh setiap ASN, maka Employer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa akan terwujud. Sehingga upaya reformasi birokrasi untuk penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien dapat terlaksana secara cepat, tepat, dan profesional,” tegasnya.

Dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator, seluruh peserta dibekali materi berupa kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme, kepemimpinan kinerja, aktualisasi kepemimpinan, serta orientasi program. Kegiatan terlaksana secara blended learning synchronous menggunakan Learning Management System (LSM) dari platform E-Milea milik KKP, sehingga peserta dapat dengan mudah mengakses penjelasan, pendalaman materi dan interaksi dengan para pelatih melalui sambungan Zoom.

Kusdiantoro pun berharap, pemimpin administrator dapat berperan penuh dan bertanggungjawab dalam memimpin seluruh kegiatan pelayanan publik di masing-masing unit instansi, sebagai bentuk kemampuan kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme.

Sebelumnya, sejak dilantik sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Trenggono pun telah berpesan kepada seluruh pejabat KKP untuk dapat menjadi pemimpin yang profesional, kompeten dan terus bekerja untuk melayani masyarakat di sektor kelautan dan pertanian.

Sumber : kkp.go.id

WhatsApp chat