Senin, September 27onlinenews.co.id
Shadow

WhatsApp Rilis Fitur Transfer Chat dari iPhone ke Android

ONLINENEWS : Jakarta – WhatsApp akhirnya merilis fitur transfer riwayat chat dari iOS ke Android. Tapi saat ini fitur tersebut baru bisa dicicipi di ponsel Samsung.

Fitur ini pertama kali diumumkan di event Galaxy Unpacked dan awalnya hanya tersedia untuk Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Tapi kini fitur tersebut telah diperluas dan mencakup semua ponsel Samsung yang menjalankan Android 10 ke atas.

Dalam blognya, WhatsApp mengatakan fitur memindahkan chat antar sistem operasi telah lama diminta oleh pengguna. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan riwayat chat WhatsApp-nya saat berpindah ponsel dari iPhone ke Android.

“Salah satu fitur yang paling banyak diminta adalah fitur yang dapat mentransfer riwayat chat Anda dari satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya saat Anda ingin berganti telepon,” kata WhatsApp dalam pengumumannya, seperti dikutip detikINET, Jumat (3/9/2021).

“Bersama dengan produsen sistem operasi dan perangkat, kami telah bekerja keras untuk merancang fitur ini agar dapat digunakan secara aman dan reliabel,” sambungnya.

Sebelum fitur ini ada, pengguna WhatsApp yang ingin memindahkan riwayat chat-nya antar sistem operasi harus mengandalkan layanan pihak ketiga. Tapi layanan seperti ini kadang tidak gratis dan cukup rawan karena bukan merupakan layanan resmi dari WhatsApp.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa memindahkan beragam data, termasuk informasi akun, foto profil, chat individual, chat grup, riwayat chat, media dan pengaturan. Tapi riwayat panggilan dan nama tampilan tidak bisa dipindahkan.

Dalam proses pemindahan, data-data ini tidak akan dikirimkan kepada WhatsApp dan akan langsung dipindahkan antar perangkat. Karena itu pengguna harus menyiapkan kabel USB-C ke Lightning dan menginstal aplikasi Samsung SmartSwitch.

Saat ini, fitur tersebut hanya tersedia untuk ponsel Samsung yang menjalankan Android 10 ke atas dan akan tersedia ke lebih banyak perangkat Android dalam waktu dekat.

Belum diketahui kapan fitur sebaliknya, memindahkan chat dari Android ke iOS, akan diluncurkan. Tapi WhatsApp tengah menguji coba fitur ini secara beta.

Sumber : detik.com

WhatsApp chat