Sabtu, November 27onlinenews.co.id
Shadow

Tutup Mahasabha XII PHDI, Wapres Himbau untuk Jaga Kerukunan Umat

ONLINENEWS : Jakarta – Keberagaman suku, ras, dan agama di Indonesia menjadi khazanah budaya dan kebanggaan bangsa. Tidak sedikit konflik yang kerap terjadi akibat keberagaman tersebut. Untuk itu, perlu adanya upaya bersama di dalam rangka menjaga kerukunan antar umat beragama dan suku bangsa.

“Pelaksanaan Mahasabha XII pada bulan Oktober 2021, bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, diharapkan menjadi momen penting bagi kita untuk lebih menghayati urgensi kerukunan umat beragama,” ujar Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya pada acara Penutupan Mahasabha XII Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Tahun 2021, yang diselenggarakan secara virtual, Minggu (31/10/21).

Mahasabha ini merupakan sabha tertinggi dari Parisada Hindu Dharma Indonesia. Dalam kesempatan ini, Wapres mengimbau agar PHDI dapat berpartisipasi dan bersinergi bersama pemerintah dalam membangun Indonesia melalui program-program kerja yang disusunnya.

“Agar PHDI terus berperan aktif untuk menyukseskan program-program pembangunan menuju Indonesia yang maju dan sejahtera,” ujar Wapres.

Wapres berharap penyelenggaraan Mahasabha XII ini dapat meningkatkan keimanan bagi masyarakat Hindu Dharma dan memperkuat semangat kerukunan antarumat beragama.

“Penyelenggaraan Mahasabha XII ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat Hindu Dharma Indonesia untuk terus meningkatkan keimanannya dan semangat kerukunan antar umat beragama,” ucap Wapres.

Selain mendorong untuk memperkokoh kerukunan antarumat beragama, Wapres juga meminta agar PHDI tidak lengah dan tetap berpartisipasi dalam menjaga masyarakat dari ancaman Covid-19.

“Saya mengapresiasi kepada umat Hindu yang selama ini telah berpartisipasi aktif bersama pemerintah dalam upaya menanggulangi Covid-19 dan dampaknya. Saya mengimbau agar PHDI dan semua elemen bangsa untuk tetap berdisiplin melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengikuti vaksinasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan Mahasabha XII merupakan pintu konsolidasi dan mempersatukan seluruh bangsa. Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat agarterus menjaga keutuhan bangsa.

“Kita semua berkewajiban untuk menjaga Indonesia untuk tetap utuh, berjaya, berdiri, dan terus tumbuh,” ungkap Yaqut.

Sebagai informasi, Mahasabha XII ini diselenggarakan secara hybrid dan sebelumnya telah dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari Kamis, (28/10/21). Agenda dalam penyelenggaraan Mahasabha ke-XII ini diantaranya pembentukan kepengurusan PHDI Pusat untuk masa bakti tahun 2021-2026.

Hadir pada acara tersebut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Ketua Umum PHDI 2021-2026 Wisnu Bawa Tenaya, serta Ketua Sabha Walaka PHDI Pusat I Ketut Puspa Adnyana.

Turut mendampingi Wapres, Plt. Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, serta Staf Khusus Wapres Bambang Widianto dan Masduki Baidlowi.

Sumber : setneg.go.id

WhatsApp chat