Minggu, Oktober 17onlinenews.co.id
Shadow

Tilang Electronik Dipantau Juga Malam Hari

Tilang Elecktronik Berlaku Juga Malam Hari //

Manado, Sebanyak 12 Polda se- Indonesia hari ini (23/3) resmi menerapkan program Electronik Traffic Law Enforcement (ELTE). Pemberlakuan secara nasional Tilang Elektronik tersebut di Lounching Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, secara virtual di Gedung NTMC Korlantas Polri Jakarta Selatan. Dan, Kota Manado jadi percontohan pertama di wilayah kerja Polda Sulut.
Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast ketika dihubungi Sulutnews.com malam ini mengaku, pemberlakuan ELTE ini, dilakukan siang dan malam hari. Untuk itu masyarakat pengendara diimbau tetap mentaati peraturan lalulitas seperti marka jalan dan rambu lalulintas. ‘’Kami berharap, masyarakat patuh pada aturan, ujar Abas.
Menjawab pertanyaan, lelaki yag akrab dengan insan pers ini, mengaku untuk data perekaman pelanggaran hari ini, belum bisa di sampaikan. ‘’Maaf untuk saat ini tidak dapat kami sampaikan,’’ kata Abas.
Sejumlah pengendara yang dihubungi hari ini mengakui sudah mengetahui penerapan tilang elektroik sehingga, kebiasaan tidak memakai sabuk pengaman mereka sudah perhatikan untuk menyesuaikan . Hanya saja lokasi lokasi tidak semua diketahui. Makanya, saat keluar rumah, sabuk pengaman sudah mereka pakai. Baik pengemudi maupun penumpang yang duduk di kursi depan. ‘’Ini meningkatkan disiplin kami untuk berlalu lintas,’’ ujar Ronny sopir asal Kota Manado.
Lain halnya dengan pengendara dari luar kota Manado seperti Kota Tomohon, Tondano dan Kota Amurang. Ada yag belum mengetahui penerapan tilang elecktonik ini. Sehingga ketika diwawancarai justru mereka langsung memakai sabuk pengaman dan berhati hati melihat tanda rambu lalulintas. ‘’Terima kasih atas infonya ,’’ kata Maikel pengendara dari Tondano.
Sementara itu secara terpisah sejumlah masyarakat yang ditemui mengatakan sosialisasi tilang elecktonik ini perlu di sampaikan seluas luasnya kepada masyarakat. Baik menggunakan media, juga perlu ada diskusi diskusi dengan semua pihak. ‘’Seharusnya instansi teknis terkait, juga berperan aktif sebaraluaskan informasi ini. Termasuk Pemerintah daerah, termasuk lembaga angkutan bahkan deiler mobil dan motor untuk memasang pemberitahuan berupa brosur dan baliho di ruas jalan yang ada lokasi tilang elecktronik , agar supaya pengendara tidak terjebak. ‘’Kan banyak juga masyarakat yang belum tau,’’ ujar Donny warga Bumi Beringin Manado.
Salah seorang pengamat sosial Terry kepada Wartawan mengaku, program tilang elecktonik ini merupakan terobosan pihak Polri dalam upaya membangun kesadaran displin berkendara. Dan diharapkan, tentunya momen ini akan meningkatkan keamanan, keselamatan dan ketertiban serta kelancaran lalulintas yang semakin membaik.
Ditambahkannya lagi, ini akan menjadi sarana untuk penegakan hukum yang transparan. Karena menggunakan teknologi informasi yang terbuka untuk diliat secara bersama sama. Dan yang paling penting disini , Polri telah memperbaiki system dalam penegakan hukum di jalan raya karena tidak ada interaksi langsung dengan masyarakat. Juga sarana ini bisa menjadi bukti terhadap terjadinya kasus kecelakaan ataupun tindakan tindakan kriminal yang terjadi di jala raya. ‘’Yang pasti ini luar biasa programnya, mudah mudahan ada tahapan berikutnya yang tersebar di seluruh Polda di tanah air ini,’’ tambahnya mengimbau.
Berdasarkan data yang di himpun redaksi, lokasi tilang elecktronik di Kota Maado berada di 11 lokasi. Yakni Jalan Pierre Tendean Kompleks Hotel Dragon, Kompleks Centro Mantos, Kompleks HSBC, Toko Golden, dan Jalan Samratulagi Kompleks BCA, dan Apotek Setia II. Kemudian di Jalan WR Monginsidi Kompleks Lapangan Bantik. Jalan Tololiu Supit Kompleks BPJS, dan Jalan Santiago Kompleks Pasar Tuminting serta Jalan balai Kota kompleks kantor Walikota Manado.
Sementara itu untuk pelanggaran yang harus di cermati pengendara diantarnta pelanggaran traffic light, marka jalan, menggunkan ponsel saat mengemudi, melawan arus, dan tidak memakai helm. Besaran pelanggaran dan infomasi soal pelanggaran akan disampaikan langsug kepada pemilik kendaraan lewat pemberitahaun baik surat maupun berupa info lainnya.(jes)

WhatsApp chat