Senin, November 29onlinenews.co.id
Shadow

Teknologi Robotik Berbasis AI Mempercepat Implementasi Industri 4.0

ONLINENEWS : Melalui acara Rakornas APTIKOM 2021, di hari ke-4, pada Kamis (4/11) menghadirkan kegiatan Diaspora Talk yang diselenggarakan secara luring di Gedung Universitas Nusa Mandiri kampus Margonda, Depok. Diaspora Talk menghadirkan salah satu narasumber dari luar negeri yakni Prof Pitoyo Hartono dari Jepang.

Prof Pitoyo Hartono, dari Jepang Institute for Human Robot Co-Creation lulusan dari Waseda University, saat ini aktif bekerja di School of Engineering Chukyo University, Nagoya dan sekaligus di Institute for Human Robot Co-Creation.  

Menurut Prof Pitoyo, saat ini kita memasuki era 4.0 dan di Jepang disebut Society 5.0, versi dari era 4.0. Oleh sebab itu, untuk menyokong dua industri ini, dibutuhkan beberapa hal penting, yakni Cluod Computing, Internet of Things, Big Data, Artificial intelligence dan Robotik.

Dalam acara Dispora Talk kali ini, ia menyampaikan pemaparan seputar robot. Mulai dari asal mula hadirnya robot, hingga beberapa perkembangan beberapa penelitian seputar robot. Menurutnya, dalam robot ada unsur yang berhubungan dengan AI (Artificial Intelligence).

AI merupakan Kecerdasan buatan yang tercipta dari sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Menurutnya, aspek penting yang menghubungkan manusia dengan AI adalah interfaces (tampilan muka),” paparnya.

“Kita harus bisa berkomunikasi dengan AI, karena akan banyak sekali muncul AI baru dan kita harus punya cara untuk berkomunikasi dengan mereka. Karena itu, saya juga sangat tertarik sekali dengan interfaces, bagaimana kita berkomunikasi dengan mesin,” kata Prof Pitoyo Hartono.

Sumber : cloudcomputing.id

WhatsApp chat