Minggu, Oktober 17onlinenews.co.id
Shadow

Target Vaksinasi Nasional Meleset, Airlangga Hartarto: Varian Delta dan Pengiriman Vaksin Telat

ONLINENEWS : Pemerintah pusat menggeser target 70 persen vaksinasi Covid-19 nasional hingga akhir tahun, yang sebelumnya ditetapkan dapat selesai pada Agustus 2021, berkaitan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, target vaksinasi nasional ini meleset karena disebabkan beberapa faktor di antaranya mutasi virus corona varian delta yang sempat merebak sehingga membuat permintaan dari seluruh dunia meningkat.

Selain itu, penyebab lainnya adalah karena pengiriman vaksinasi Covid-19 dari negara produsen juga telat, misalnya dari Amerika Serikat.

“Kita ketahui vaksin dari Amerika tidak diekspor ke Indonesia,” ujarnya saat ditemui dalam peluncuran Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil di 11 Provinsi di Balai Kota Jakarta, Kamis, 19 Agustus 2021.

Namun Airlangga Hartarto menyatakan saat ini Amerika Serikat sudah mulai melakukan pengiriman vaksinasi Covid-19, misalnya moderna dan bahkan dalam waktu dekat akan masuk vaksin Pfizer.

Ameri Serikat juga sudah berkomitmen bahwa sampai akhir tahun, sebanyak 420 juta vaksin akan dikirim sesuai yang dipesan Pemerintah Indonesia.

“Karena moderna dan pfizer menjadi salah satu jumlah vaksin yang akan masuk ke Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya ketersediaan vaksin itu merupakan salah satu kunci dari penanganan Pandemi Covid-19. Pada Januari sampai Juli vaksin yang tersedia di Indonesia ada sekitar 90 juta.

Namun saat ini jumlanya sudah lebih banyak karena kalau dibandingkan dengan bulan Juli, Agustus, sudah tersedia 73 juta.

“Jadi ini ada percepatan penambahan vaksin,” ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini secara nasional program vaksinasi jumlahnya mencapai 26 persen.

Kemudian capaian vaksin pertama yang sudah di atas 100 persen adalah DKI Jakarta. Beberapa daerah lain Bali dan Kepulauan Riau sudah diatas 70 persen.

Makanya dirinya meminta agar Anies Baswedan terus mengejar percepatan vaksinasi dosis kedua.

“Sehingga tadi saya sampaikan pak gubernur kita kejar vaksin kedua,” ujarnya.

Sumber

WhatsApp chat