Minggu, Oktober 17onlinenews.co.id
Shadow

Taksi Terbang Sudah Tiba di Jakarta, Kapan Bisa Tumpangi?

ONLINENEWS : Jakarta – Bila tak ada warga akan menyaksikan taksi terbang mondar-mandir di langit Jakarta. Ini karena kehadiran EHang 216 yang diimpor oleh Prestige Image Motorcars.

Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim menjelaskan kendaraan itu masih dalam proses perizinan. Taksi terbang itu ditargetkan bisa melakukan demo tahap 1 pada Oktober mendatang.

Di tahun depan diharapkan bisa melayani publik. “Dengan target demo tahap 1 akhir Oktober dan tahun depan bisa melayani publik,” kata Rudy, kepada CNBC Indonesia, Kamis (2/9/2021).

Rudy menambahkan sudah ada beberapa pesanan untuk taksi EHang, namun ada juga yang masih menunggu keberhasilan demo seperti yang terjadi di negara lain.

“Pesanan suda ada beberapa dan lainnya menunggu keberhasilan demo seperti yang terjadi di negara lain di Korea, Jepang dll,” jelasnya.

Taksi EHang itu merupakan buatan China dan pabriknya berada di GuangZhou. Rudy menjelaskan kendaraan tersebut dapat terbang sekitar 20-30 menit dengan jarak tempuh 35 km. Sementara itu di masa depan kemungkinan bisa terbang hingga 4 jam.

“Sekitar 20-30 menit jarak tempuh 35km dan ke depan teknologi bisa sampai 4 jam,”ungkapnya.

Kehadiran taksi terbang itu telah diumumkan Rudy dalam unggahan di fitur Story akun Instagramnya. Dia hanya menuliskan kalimat singkat “unfolding soon” dalam postingan tersebut. Kedaraan tersebut telah berada di dealer Prestige Image Motorcard di Jakarta Utara.

Taksi EHang pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 bulan April lalu. Saat itu, Rudy menjelaskan taksi terbang bukan lagi merupakan gaya hidup namun akan menjadi cara baru berpergian.

“Era Urban Air Mobility yang kami impikan dari masa depan telah hadir di depan mata kami. Taksi udara bukan hanya gaya hidup, tapi juga cara baru untuk bepergian. Baik untuk keperluan pribadi maupun sektor lainnya seperti pariwisata,” jelas Rudy.

EHang punya tinggi 1,77 meter dengan lebar 5, 61 meter. Kendaraan itumemilikki16 baling-baling dan 8 lengan yang dapat dilipat.

TaksiEHang216 disebutkan tidak memerlukan landasan pacu untuk pendaratan sebab hanya membutuhkan ruang pendaratan yang sedikit. Ini disebut cocok untuk transportasi di perkotaan yang pada dan jadi cara efektif mengurangi tekanan kemacetan lalu lintas saat ini.

Sumber : cnbcindonesia.com

WhatsApp chat