Sabtu, November 27onlinenews.co.id
Shadow

Sekretaris Utama BP2MI, Tatang Budie Utama Razak Dilantik Jokowi Sebagai Dubes Luar Biasa di Bogota.

OnlineNews.co.id – Jakarta
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Sekretaris Utama BP2MI, Tatang Budie Utama Razak, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP RI) untuk Republik Kolombia merangkap Antigua dan Barbuda, Barbados dan Federasi Saint Kitts dan Nevis, yang berkedudukan di Bogota. Tatang dilantik bersama 16 orang lainnya di Istana Negara RI, Jakarta, Senin (25/10/2021) pagi.

Adapun pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 127/P Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 22 Oktober 2021. Pelantikan ini menerapkan protokol kesehatan ketat dengan tamu undangan yang terbatas. Seluruh dubes yang dilantik juga telah melalui pemeriksaan kesehatan sebelum memasuki area Istana Negara.

Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan kepada seluruh dubes untuk diikuti, “Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara.”

Seperti diketahui, Tatang telah menjabat sebagai Sekretaris Utama BP2MI selama kurang lebih tiga tahun, saat BP2MI masih bernama Badan Nasional Penempatan dan Pelindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Sebelumnya ia merupakan diplomat karir dari Kementerian Luar Negeri.

Tatang memulai karir diplomatiknya di Kedutaan Besar Indonesia di Paris sebagai kepala bagian kebijakan luar negeri pada tahun 1992. Selanjutnya pada tahun 2006 ia menjabat sebagai Wakil Duta Besar Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia. Lanjut pada tahun 2010 menjabat sebagai Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia di Kementerian Luar Negeri. Kemudian menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kuwait pada tahun 2014 hingga dilantik pada Mei 2018 sebagai Sekretaris Utama BP2MI.

Atas pengabdiannya sebagai Wakil Duta Besar di Kuala Lumpur, Tatang dianugerahi Anugerah Perlindungan Warga Negara Indonesia oleh Menteri Luar Negeri, Pelopor Penghargaan Keunggulan Inovasi Pelayanan Publik oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Penghargaan Public Service Excellence 
oleh Presiden Indonesia.( Hans)

WhatsApp chat