Senin, September 27onlinenews.co.id
Shadow

Samsung Galaxy Note 9 Tidak Kebagian Update Keamanan Lagi

ONLINENEWS : JAKARTA — Setelah peluncurannya tigatahun lalu, Samsung telah secara resmi menghapus Galaxy Note 9 dari jadwal pembaruan keamanan bulanannya. Hal Ini sejalan dengan apa yang biasanya dilakukan Samsung pada smartphone Galaxy berusia tiga tahun.

Langkah terbaru Samsung dicatat oleh Android Police dan membawa perangkat selangkah lebih dekat ke keusangan. Pembaruan triwulanan akan berlangsung selama 12 bulan, seperti biasanya. Setelah periode itu, Galaxy Note 9 akan diturunkan ke jadwal pembaruan dua tahunan selama satu tahun lagi sebelum akhirnya kehilangan dukungan.

Sebagai bagian dari perubahan terbaru pada jadwal pembaruannya , Samsung juga mengakhiri dukungan penuh untuk Galaxy S8 Lite dan Galaxy Note FE. Pada saat yang sama, Galaxy A10s diturunkan ke jadwal dua tahunan sementara Galaxy A03s dan Galaxy F42 5G telah diturunkan ke jadwal pembaruan triwulanan.

Di sisi lain, Samsung secara mengejutkan menambahkan jajaran terbarunya ke daftar dukungan bulanan, termasuk beberapa ponsel Android terbaik seperti Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 serta A52s 5G.
Konon, Samsung tetap menjadi salah satu perusahaan smartphone yang memberikan dukungan jangka panjang untuk handset-nya, dengan pembaruan keamanan hingga empat tahun untuk semua perangkat Galaxy yang diluncurkan sejak 2019.

Meski mengalami penurunan market share per tahunnya sebesar -2.4% secara global, tak menyulutkan niat Samsung untuk memboyong produk flagship ke Indonesia yakni Galaxy Note 9 pada 2018.
Meenurut Samsung, produk flagship memiliki pasar yang cukup baik di Indonesia. Pangsa pasar ponsel premium di Indonesia masih berkembang. Inilah alasan Samsung memboyong Galaxy Note 9 ke Indonesia. Respon masyarakat Indonesia terhadap Galaxy Note 9 sangat luar biasa. Ini terbukti dengan pre-order Galaxy Note 9 yang sudah sold out. Samsung Galaxy Note 9 sudah memiliki sejumlah peningkatan dari segi fitur, teknologi dan spesifikasi. Ini juga yang menjadi alasan pre-order Galaxy Note 9 yang digelar Samsung disambut baik masyarakat Indonesia.

Teknologi asisten virtual Bixby yang ada pada produk flagship sebelumnya kembali hadir di Galaxy Note 9. Kemampuan Bixby di Galaxy Note 9 lebih optimal. Bisa mendeteksi beragam perintah suara. Selain itu, fitur AR Emoji pada Galaxy Note 9 lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Tidak hanya itu, kemampuan S Pen-nya pun lebih baik. Pengguna dapat mengoperasikan S Pen di dalam air, tanpa khawatir akan menggangu aktivitasnya, seperti layar tertekan sendiri saat di dalam air. S-Pen pada Galaxy Note 9 juga berfungsi sebagai remote control. Misalnya dapat digunakan sebagai remote ketika selfie dengan jarak sekitar 2 atau 3 meter. Cukup menekan tombol S-Pen saja dari jarak tersebut, maka seketika akan tercipta foto selfie.

Untuk performanya, Galaxy Note 9 didukunh ROM 512GB sehingga mampu menyimpan aplikasi dan data lebih besar.
Spesifikasi Galaxy Note 9 terbilang andal dengan prosesor Exynos 9819, RAM 6GB/8GB, dan baterai 4.000 mAH, serta memori internal 128GB/512GB yang mendukung slot microSD hingga 512GB. Di Indonesia saat diluncurkan Samsung Galaxy Note tersedia dalam warna Midnight Black, Metallic Copper dengan warna S Pen yang sama, serta Ocean Blue dengan S Pen berwarna Kuning. Masing-masing dibanderol mulai Rp 13,5 juta (128GB/6RAM) dan Rp 18 juta (512GB/8RAM).

Untuk harga saat ini Galaxy Note 9 mempunyai bandrol harga terendah sebesar Rp. 3,15 juta. Sedangkan untuk bandrol tertinggi untuk smartphone keluaran 2018 ini ada di angka Rp. 4,05 juta. Namun ini untuk produk second, untuk baru, Galaxy Note 9 sudah tidak tersedia di pasaran.

Sumber : seluluer.id

WhatsApp chat