Selasa, Oktober 26onlinenews.co.id
Shadow

Raih Medali Perak PON XX Papua,Rio Dondokambey Puji Tim Basket Sulut.

ONLINE NEWS.CO.ID. Kejutan kembali terjadi untuk olahraga Sulawesi utara.Tepatnya pada Iven empat tahunan,PON XX Papua 2021.

Pertarungan putra putri terbaik Sulut terlihat penuh semangat juang yang tinggi.Tak cukup perolehan medali perak dari cabor Muaythai, sabtu sore 9/10/2021 Tim Basket putra meraih hasil terbaik.

Hasilnya, medali perak berhasil dikukuhkan. Meski pun adanya rasa kecewaan harus kalah dari Provinsi DKI Jakarta pada partai pamungkas.

Namun, masyarakat Sulut patut berbangga kepada seluruh official tim yang dimanajeri Clay June Dondokambey tersebut.

Sejak pertandingan di mulai,saling kejar poin terlihat dan anak anak asuh pelatih Roland R. Y. Lengkong ini tampil apik memperlihatkan teknik permainan mereka.

Tak mau kalah dari atmosefer Mimika Sport Centre (lokasi pertandingan), Kantor KONI Manado riuh dengan animo masyarakat bumi nyiur melambai, saat nonton bareng (nobar).

Para pecinta basket di Sulut ini sepertinya tak ingin melewatkan melihat sejarah manis yang segera ditorehkan Andrew G. Tampi dan kawan-kawan

Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), hadir bersama mereka, Ketua KONI Manado Rio Dondokambey, Ketua Perbasi Manado Richard Sualang dan Ketua Perbasi Minahasa Utara (Minut) Kevin William Lotulung.

Meski belum mampu mematahkan dominasi pemain DKI Jakarta yang telah berlatih 3,5 tahun jelang PON, Sulut berhasil meraih juara dua dan membawa medali perak dengan skor akhir 72:57.

Usai laga, seluruh penonton bergemuruh. Bagi mereka, permainan baik dari kedua tim membuat partai final Tim Basket Putra sangat menarik untuk disaksikan.

Bahkan tak segan-segan Ketua KONI Rio Dondokambey turut memberikan standing applause. Yang diikuti Richard Sualang dan Kevin Lotulung.

“Luar biasa. Para pemain terbaik yang akan menjadi masa depan tim nasional basket Indonesia,” ketus Rio Dondokambey.

“Dari awal memang saya yakin dengan potensi mereka. Sebelumnya saya bersama-sama dengan mereka, dan mereka siap untuk unjuk kebolehan pada Pekan Olahraga Nasional,” tuturnya.

Sejarah mencatat, keikutsertaan Tim Basket Putra Sulut di PON telah dimulai sejak tahun 1977.

Sedikitnya sudah empat kali Sulut mengutus Tim Basket Putra, yakni 1977, 1993, 2006, namun baru kali ini lolos ke babak final.

Atas raihan prestasi Tim Basket Putra, manager tim Clay Dondokambey tak henti mengucap syukur.

“Tuhan luar biasa. Terima Kasih semua buat doa dan dukungan yang luar biasa dari warga Sulut, Tuhan Memberkati Semua,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Sulut Steven O.E. Kandouw mengapresiasi torehan medali perak oleh tim basket putra Sulut.

”Kita belum bisa raih medali emas, tetapi torehan medali perak sudah pencapaian luar biasa. Apalagi dalam sejarah PON, ini kali pertama tim basket asal Daerah Nyiur Melambai lolos hingga partai final ,”Terima kasih semua pemain dan jajaran pelatih sudah persembahkan yang terbaik bagi warga Sulut,” tandasnya. ungkap Kandouw yang juga Wakil Gubernur Sulut ini.

JUDDY.

WhatsApp chat