Rabu, Oktober 27onlinenews.co.id
Shadow

Program Jemput Bola KBRI Bangkok Capai Para WNI di Chiang Mai, Thailand

ONLINENEWS : Chiang Mai, Thailand – Dalam rangka memberikan pelayanan dan pelindungan bagi para WNI yang tinggal jauh dari lokasi kantor Perwakilan, tim Perwakilan Indonesia kerap kali mengadakan program outreach ke kota-kota lain dimana para WNI tinggal. Belum lama, KBRI Bangkok menyelenggarakan kegiatan “Warung Konsuler” di Chiang Mai yang berjarak sekitar 680 km dari Bangkok, Thailand (09/10/2021).

“Pertemuan tatap muka dengan WNI di Chiang Mai ini patut disyukuri, karena telah diterapkan kebijakan relaksasi setelah pembatasan pergerakan sejak peningkataan kasus Covid-19 gelombang 2 dan 3 di Thailand,” kata Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman. Disamping itu, Dubes Rachmat juga menyampaikan bahwa KBRI Bangkok terus berinovasi dan meningkatkan kemudahan pelayanan bagi WNI di Thailand antara lain melalui  layanan pembuatan paspor jemput bola, pelayanan secara online  serta pembayaran PNBP secara non tunai.

Inovasi tersebut merupakan bagian dari upaya KBRI Bangkok untuk menjadi salah satu instansi pemerintah dengan status zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani. “Untuk itu kami juga mengharapkan kritik dan masukan dari WNI untuk perbaikan ke depan, termasuk apabila WNI mengetahui adanya praktik-praktik korupsi atau pungli, silakan dilaporkan karena KBRI Bangkok sudah mendeklarasikan komitmen untuk mewujudkan wilayah birokrasi yang bersih melayani.” kata Dubes Rachmat Budiman.

Selain pelayanan konsuler, kegiatan outreach kali ini juga dilengkapi dengan pendaftaran sertifikat vaksin luar negeri, sosialisasi mekanisme perjalanan kembali ke Indonesia serta peraturan hukum terkait dengan kejahatan siber.

Sumber : kemlu.go.id

WhatsApp chat