Minggu, Oktober 24onlinenews.co.id
Shadow

Peningkatan Kerja Sama Indonesia dan Kawasan Karibia Menjadi Fokus Pertemuan Dubes RI – Sekretaris Jenderal Masyarakat CARICOM

ONLINENEWS : Georgetown, Guyana – Duta Besar RI untuk Suriname merangkap Guyana dan CARICOM, H.E. Julang Pujianto bertemu dengan Sekretaris Jenderal Masyarakat CARICOM (Caribbean Community), H.E. Dr. Carla Natalie Barnett untuk membahas upaya peningkatan kerja sama Indonesia dan kawa​​san Karibia pada 9 September 2021.​

Pada kesempatan pertemuan tersebut, Dubes Julang mengucapkan selamat atas terpilihnya H.E. Dr. Carla Natalie Barnett sebagai Sekjen CARICOM yang ke-8 serta sebagai perempuan pertama yang menduduki jabatan Sekjen CARICOM. Lebih lanjut, Dubes Julang menyampaikan bahwa CARICOM merupakan mitra penting Indonesia di kawasan Karibia dan Indonesia berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dengan negara-negara CARICOM. Sehubungan dengan hal tersebut, Dubes Julang menyampaikan rencana pemerintah Indonesia untuk mengadakan persetujuan dagang antara Indonesia dengan CARICOM. Pemerintah Indonesia telah melakukan penjajakan dengan negara-negara anggota CARICOM antara lain Suriname dan Guyana untuk meminta dukungan atas rencana tersebut.

Selain itu, Dubes Julang juga menyampaikan rencana pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan Indonesia-Latin America and the Caribbean Business Forum (INA-LAC) yang ke-3 pada tanggal 14-15 Oktober 2021 dan mengharapkan partisipasi dari kalangan usaha kawasan Karibia pada forum yang akan diselenggarakan secara hybrid dimaksud.

Dalam tanggapannya, H.E. Dr. Carla Natalie Barnett menggarisbawahi Indonesia sebagai mitra penting CARICOM yang memiliki hubungan kuat dengan negara anggota CARICOM. Lebih lanjut, Sekjen CARICOM menyambut baik inisiatif pemerintah Indonesia terkait pembentukan persetujuan dagang antara Indonesia dengan CARICOM serta penyelenggaraan INA-LAC Business Forum ke-3.

Secara keseluruhan, kawasan Karibia memiliki populasi sekitar 44.4 juta orang dengan total GDP mencapai lebih dari USD 279 miliar di tahun 2019. Sedangkan CARICOM merupakan organisasi yang terdiri dari 15 negara di kawasan Karibia. Indonesia memegang status sebagai negara ketiga yang terakreditasi untuk CARICOM sejak 2 Mei 2018.

Sumber : kemlu.go.id

WhatsApp chat