Selasa, Oktober 26onlinenews.co.id
Shadow

Pemerintah Sudah Salurkan Banpres Produktif ke 11,8 Juta UMKM

ONLINENEWS : Selama masa pandemi COVID-19, pemerintah memberikan bantuan bagi para pelaku UMKM yang terdampak. Bantuan ini diberikan melalui program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya mengatakan, saat ini bantuan sudah tersalurkan pada 11,8 juta UMKM.

“Perkembangan terbaru daripada Banpres Produktif Usaha Mikro. Alhamdulillah sampai akhir Juli sesuai target kita itu sudah bisa tersalurkan 9,8 juta, ditambah 2 juta untuk penerima. Jadi sekitar 11,8 (juta),” ujar Eddy dalam live Puncak Peringatan Hari UMKM Nasional 2021, Kamis (12/8).

Dia menargetkan penyaluran bantuan bisa diselesaikan pada Agustus mendatang. Dengan sisa penerima kurang dari satu juta UMKM.

“Harapannya tinggal 1 juta kurang sedikit bisa kita selesaikan pada Agustus ini dari target September. Jadi mudah-mudahan ada percepatan,” kata dia.

“Hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun UMKM juga jadi deadline terakhir data-data untuk tahap terakhir ini. Jadi harapannya lancar banpres ini,” lanjutnya.

Untuk diketahui, dalam lanjutan program banpres ini, besaran bantuan yang diberikan Rp 1,2 juta untuk masing-masing UMKM. Pada lanjutan penyaluran di bulan Juli, ada 3 juta UMKM yang menerima bantuan ini.

“Insyaallah kita sedang proses BIPA untuk 3 juta penerima lagi. Jadi Rp 1,2 juta masing-masing penerima jadi totalnya Rp 3,6 triliun,” ujar Eddy dalam virtual conference Update Penyerapan PEN Kuartal II, Rabu (30/6).

Sumber

WhatsApp chat