Sabtu, November 27onlinenews.co.id
Shadow

Pasokan iPhone 13 Akan Tersendat Hingga Februari 2022

ONLINENEWS : Kelangkaan chip terus menjadi perhatian sejumlah brand, seperti Apple.

Tim Cook, CEO Apple baru-baru ini memperingatkan bahwa kekurangan komponen memiliki dampak yang lebih besar dari yang diperkirakan perusahaan.

Sebuah laporan rantai pasokan baru menunjukkan bahwa pasokan iPhone 13 diperkirakan tidak akan mengejar permintaan hingga Februari tahun depan.

Laporan Digitimes menunjukkan bahwa pasokan iPhone 13 akan tetap dibatasi hingga kuartal ini dan berikutnya. Artinya iPhone 13 bakal sulit dicari hingga Februari 2022.

Cadangan kas besar Apple membantu perusahaan untuk mengurangi kekurangan chip di beberapa area. Sebagai contoh, TSMC telah mempersiapkan lini produksi pabriknya untuk chipset Apple.

Meskipun demikian stock chipset versi lama masih mengalami kekurangan pasokan sehingga menghambat proses produksi iPhone. Dalam catatan untuk investor, Tim Cook menyebut bahwa permasalahan pasokan komponen menyebabkan kerugian untuk Apple sebesar USD6 miliar (Rp85,5 triliun) pada kuartal terakhir.

Sebelumnya Apple dikabarkan telah memangkas produksi tablet iPad untuk mengalokasikan lebih banyak komponen ke iPhone 13.

Menurut laporan dari Nikkei Asia, produksi iPad turun setengah dari rencana awal Apple selama dua bulan terakhir.

Dalam laporannya, bahwa suku cadang yang ditujukan untuk iPhone lama juga dialihkan ke iPhone 13. Singkatnya, produksi iPad telah diturunkan secara signifikan 50% dari rencana semula selama dua bulan terakhir.

Penurunan produksi iPad memungkinkan Apple untuk mengalokasikan lebih banyak chip dan komponen lain ke seri iPhone 13 yang telah melihat permintaan yang kuat di seluruh dunia.

Pembuat iPhone memprioritaskan keluaran iPhone 13 andalannya sebagian, karena memperkirakan permintaan yang lebih kuat untuk smartphone daripada iPad.

Selain itu, kekosongan keluarnya Huawei dari pasar telah menggeser permintaan ke pemain termasuk Apple di China, yang membantu penjualan perusahaan pada kuartal terakhir.

Sampai sekarang, waktu tunggu rata-rata di seluruh dunia untuk iPhone 13 Mini dan iPhone 13 telah diselesaikan masing-masing sekitar 12 dan 13 hari. Demikian pula, lead time untuk iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga stabil sekitar 32 hari, turun dari 37 hari. Tetapi, waktu tunggunya masih sedikit lebih lama dari seri iPhone 12, generasi sebelumnya.

Sumber : selular.id

WhatsApp chat