Selasa, Oktober 26onlinenews.co.id
Shadow

Pasien COVID-19 Membeludak, Puluhan Orang Terpaksa Dirawat di Tenda Darurat RSUD Kota Bekasi

ONLINENEWS : BEKASI – Pasien COVID-19 membeludak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi sehingga harus dirawat di tenda darurat, Jumat (25/6/2021). Puluhan pasien terpaksa dirawat ditenda darurat sebagai pertolongan pertama karena kapasitas tempat tidur sudah penuh.

Para pasien yang datang tampak duduk di kursi roda dengan bantuan infus dan bantuan oksigen sambil menunggu antrian masuk keruang perawatan. Tampak, tenaga kesehatan dengan menggunakan APD lengkap merawat warga yang terus berdatangan tersebut.

Para tenaga kesehatan itu tampak kelelahan menangani pasien COVID-19 maupun non-COVID-19 yang terus berdatangan. “Sudah mencapai puluhan, hingga tadi malam ada 23 yang menjalani perawatan di tenda,” kata Direktur RSUD Kota Bekasi, Kusnanto Saidi.

Menurut dia, kapasitas temat tidur ruang isolasi pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut telah ditambah. Semula, hanya untuk 265 pasien dan saat ini menjadi 365 pasien. Penambahan kapasitas itu seiring dengan difungsikannya ruang IGD sebagai ruang rawat inap isolasi COVID-19.

“Insyaallah bisa 100 bed (di ruang rawat inap yang semula merupakan ruang IGD). Jadi penambahannya ada 100 bed dari 265 bed jadi 365 bed dan sekarang sudah terisi sebanyak 368,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya masih terus kordinasi dengan Dinas Kesehatan. Hal itu dilakukan agar pasien Covid-19 dari RSUD Kota Bekasi dapat dirujuk ke rumah sakit lain yang menangani pasien.

“Ya kita kan terus koordinasi dengan Dinkes dibawah komando pak wali kota selaku ketua komite gugus tugas COVID-19 untuk mengurai pasien,” jelasnya.

Sumber

WhatsApp chat