Rabu, Oktober 27onlinenews.co.id
Shadow

Menko Airlangga: Belanda, Kanada, dan UEA Siap Investasi di INA

ONLINENEWS : JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini ada 3 platform Sovereign Wealth Fund (SWF) besar yang sudah berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia.

bahkan, total komitmen investasi mereka sebesar USD 3 miliar. Mereka berasal dari Belanda, Kanada, dan UAE.

“Saat ini ada tiga bentuk kekayaan Sovereign besar. Dari Belanda, Kanada, dan UAE. Sudah berkomitmen untuk berinvestasi sekitar USD 3 miliar,” kata Airlangga dalam webinar The Risk Based Approach Business Licensing Process, Investment Priority List and the (OSS) System, Jumat (20/8/2021).

Dia menjelaskan, memang Pemerintah telah membentuk sebuah SWF yang disebut Indonesia Investment Authority atau INA untuk meningkatkan optimalisasi investasi. Tujuannya untuk pembangunan jangka panjang super berkelanjutan.

Sebagai informasi, Indonesia Investment Authority (INA) merupakan Lembaga Pengelola Investasi didirikan pada tahun 2020 berdasarkan hukum Republik Indonesia untuk mengelola investasi nasional, dengan tujuan khusus membangun kemakmuran bagi generasi mendatang dan berkontribusi bagi pembangunan ekonomi Indonesia.

Misi INA adalah memberikan imbal hasil yang optimal, berkolaborasi dengan investor yang kredibel, menciptakan nilai dan meningkatkan daya saing Indonesia.

Kini INA resmi jadi anggota International Forum of Sovereign Wealth Funds (IFSWF).  Dengan bergabungnya Indonesia ke jaringan global sovereign wealth fund, maka IFSWF sekarang memiliki 35 anggota penuh dan 6 anggota asosiasi, mewakili 40 negara di seluruh dunia.

Chair of the IFSWF, Majed Al Romaithi,mengatakan, pihaknya sangat senang menyambut INA sebagai anggota asosiasi IFSWF.

Salah satu tujuan inti Forum ini adalah untuk mempromosikan tata kelola yang baik dan praktik manajemen investasi dengan memfasilitasi berbagai pengetahuan antara anggota penuh IFSWF dan anggota asosiasi.

Sumber

WhatsApp chat