Sabtu, November 27onlinenews.co.id
Shadow

Kualitas 4G Telkomsel Terus Meningkat, Apa Manfaatnya?

ONLINENEWS : Saat ini penggunaan smartphone sangat lekat dengan gaya hidup. Pasalnya sebagian besar kebutuhan kini sudah bisa diakses melalui layar smartphone. Walau begitu, kenyamanan mengakses layanan di smartphone tak lepas dari kecepatan internet yang digunakan.

Jadi tak heran kalau kecepatan internet semakin berevolusi menjadi semakin cepat, seperti 4G yang saat ini populer. Penggunaan teknologi 4G bahkan menjawab hampir semua aspek kebutuhan untuk gaya hidup. Apalagi banyak pengguna smartphone yang tak ingin selalu ketinggalan update.

Terutama untuk mengakses platform sosial media, yang kini tak lagi sebatas foto tapi juga berupa video-video pendek. Ditambah lagi meningkatnya demand terhadap layanan streaming film yang membutuhkan koneksi cepat dan stabil, membuat teknologi 4G semakin dibutuhkan.

Saat ini Telkomsel menjadi operator seluler yang punya jangkauan terluas, termasuk urusan 4G. Dari sisi coverage populasi, 96% wilayah sudah terjangkau dengan 4G. Dengan 100% ibukota kabupaten sudah dicover oleh Telkomsel. Dalam angka, Telkomsel sudah hadir di 514 kota/kabupaten di Indonesia.

“Intinya Telkomsel akan terus bergerak maju memperluas coverage untuk menjangkau hampir seluruh (tingkat) desa yang ada di Indonesia. Itu yang menjadi program Telkomsel untuk men-support program pemerintah,” ujar Akhmad, Vice President RAN Engineering and Project Telkomsel.

Sebagai operator seluler terbesar di Indonesia, pengembangan teknologi baru merupakan keniscayaan bagi Telkomsel. Oleh karena itu, perusahaan plat merah ini juga menjadi pionir dalam pengembangan teknolgi 5G di Indonesia.

Pengembangan teknologi 5G memungkinkan latensi yang sangat kecil, yakni di bawah 5 ms. Kelebihan ini memungkinkan machine to machine communication yang lebih efektif. Sedangkan di level konsumen akan menjawab kebutuhan gaya hidup dengan memberikan pengalaman impresif lewat konten berkualitas tinggi.

Meski tren sudah mengarah ke teknologi 5G, peningkatan kualitas dan pemerataan teknologi 4G tetap dilakukan oleh Telkomsel. Pasalnya tingkat penggunaan data di jaringan 4G telah menyentuh 95%. Terakhir, tambahan spektrum 2.300 MHz dimanfaatkan Telkomsel untuk enhanced mobile broadband miliknya demi mendukung gaya hidup digital yang dibutuhkan masyarakat

“Services yang memanfaatkan 4G di Telkomsel ada banyak. (Untuk) hiburan digital (digital entertainment -red), Telkomsel sekarang fokus ke layanan video on demand MAXstream . Telkomsel juga fokus ke games melalui Dunia Games. Telkomsel memaksimalkan 4G-nya untuk meng-improve (mengurangi -red) latency sehingga secara konsisten memberikan user experience terbaik di gaming, agar tidak ada lag saat main game,” pungkas Akhmad.

Sumber : droidlime.com

WhatsApp chat