Minggu, November 28onlinenews.co.id
Shadow

Kemenkeu Bekerja Sama dengan PUPR Bangun Rusunara untuk Pegawai di Papua

ONLINENEWS : Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan penugasan seluruh jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang berada di seluruh wilayah Indonesia membutuhkan perhatian yang sangat tinggi. Guna mendukung penugasan tersebut, Kemenkeu bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah susun negara (rusunara) untuk pegawai Kemenkeu yang ditugaskan di Papua.

Hal ini dikarenakan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di bidang keuangan negara, pegawai Kemenkeu tidak memiliki kemewahan untuk memilih lokasi dimana ia ditempatkan. Tak sedikit pegawai yang ditugaskan jauh dari daerah asal mereka termasuk yang berada di Papua.

“Kebutuhan untuk bisa menjalankan tugas di tempat yang jauh dari homebase membutuhkan dukungan terutama dari sisi rumah tinggal,” ungkap Menkeu saat melakukan Groundbreaking rusanara di Jayapura, Jumat (26/11).

Menkeu memahami sebagai makhluk, manusia membutuhkan tempat tinggal. Untuk itu, pemerintah turut membantu masyarakat untuk menjangkau dan memiliki rumah tinggal melalui program satu juta rumah dengan memberikan fasilitas pendanaan seperti subsidi uang muka dan subsidi bunga.

“Dalam konteks inilah artinya negara tidak membedakan antara pemihakan kepada masyarakat dengan tugas bagi jajaran yang harus melakukan fungsi dan tanggung jawab negara yaitu di jajaran Kemenkeu yang mengelola keuangan negara,” jelas Menkeu.

Bukan hanya Kemenkeu, pembangunan rumah tinggal bagi jajaran Aparatur Sipil Negara telah dilakukan oleh banyak instansi pemerintah lainnya.

“Sebetulnya Ibu telat minta padahal Ibu yang punya uang. Sebetulnya Kementerian/Lembaga sudah banyak yang membangun,” ungkap Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi dalam kesempatan yang sama.

Rusunara ditargetkan selesai dalam jangka waktu satu tahun dengan tinggi tiga lantai. Adapun kapasitas akan menampung 176 pegawai dengan tipologi seperti Wisma Atlet Kemayoran.

Rusunara ini akan ditinggali pegawai lintas unit eselon I Kemenkeu yang berada di wilayah Papua yang secara simbolis menunjukkan spirit bekerja sama sinergis antar semua unit.

“Spirit kebersamaan inilah yang saya harapkan akan terus diperkuat karena tantangan mengelola keuangan negara akan sangat dinamis, menjadi sangat tinggi, dan sangat kompleks,” pungkas Menkeu.

Sumber : kemenkeu.go.id

WhatsApp chat