Selasa, Oktober 26onlinenews.co.id
Shadow

Kemenkes: 50 Juta Vaksinasi Dosis Kedua Dicapai dalam 2 Bulan

ONLINENEWS : JAKARTA – Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pemerintah terus berupaya mempercepat laju vaksinasi Covid-19.

Ia mengatakan, kecepatan vaksinasi berhasil ditingkatkan setidaknya selama dua bulan terakhir.

“Kita mencapai 50 juta dosis pertama itu kita lakukan sejak awal Januari sampai dengan akhir Juni,” kata Nadia, dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/9/2021).

“Namun kita bisa mencapai 50 juta yang kedua dalam kurun waktu dua bulan atau Juli sampai dengan Agustus,” tuturnya.

Nadia mengungkapkan, per 31 Agustus 2021 pukul 21.00, pemerintah telah menyuntikkan lebih dari 100 juta dosis vaksin.

Angka ini merupakan akumulasi dari vaksinasi dosis pertama, kedua, dan dosis ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan.

Oleh karenanya, Nadia yakin laju vaksinasi dapat terus dipercepat seiring dengan bertambahnya vaksin yang diterima dan didistribusikan pemerintah.

Pada bulan Agustus, Indonesia menerima 43 juta dosis vaksin. Dari jumlah tersebut, 8 hingga 15 juta dosis sudah didistribusikan ke berbagai daerah.

“Laju vaksinasi ini pada bulan September harus dapat kita tingkatkan sejalan dengan bertambahnya jumlah vaksin yang didistribusikan,” ujar Nadia.

Kendati demikian, Nadia mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan sekalipun sudah menerima vaksin. Protokol 5M atau memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi pergerakan harus tetap diterapkan.

Bersamaan dengan itu, pemerintah berjanji akan terus meningkatkan 3T atau testing, tracing, dan treatment.

“Sekali lagi upaya 5M, 3T, dan vaksinasi harus berjalan bersama dan dengan kerja sama antarsemua pihak termasuk bersama di dalamnya masyarakat,” kata Nadia.

Sumber : KOMPAS.COM

WhatsApp chat