Minggu, Oktober 17onlinenews.co.id
Shadow

Jawaban Luhut saat Deddy Corbuzier Blak-Blakan Singgung Penanganan Covid Berubah-Ubah

ONLINENEWS : JAKARTA – Kebijakan penanganan kasus Covid-19 dinilai sering berubah. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga PPKM Darurat.

Pernyataan itu disampaikan secara blak-blakan oleh Deddy Corbuzier kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam kesempatan perbincangan di Deddy Corbuzier Podcast.

“Kenapa pemerintah mengubah-ubah nama PSBB, PPKM Mikro, PPKM macam-macam, pusing Pak,” tanya Deddy kepada Luhut dikutip, Selasa (6/7/2021).

Luhut menjelaskan, PSBB merupakan kebijakan yang pernah diusulkan pemerintah provinsi kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). “PSBB itu kan lahirnya dari bawah, provinsi mengajukan ke Kemenkes,” ujar Luhut.

Luhut menyampaikan, kebijakan PPKM Mikro dan PPKM Darurat merupakan dari pemerintah pusat. Bedanya, kata dia PPKM Mikro hanya mencakup wilayah tertentu yang lingkupnya lebih kecil.

Sementara PPKM Darurat, lanjut dia mencakup wilayah lebih luas. “Mikro ini, seperti di Jakarta kita mau spot-spot saja yang kita buat karena itu juga dimungkinkan. Sekarang darurat ini kita ambil lebih besar lagi,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Luhut juga menjelaskan ketika ditanya mengapa pemerintah enggan memilih untuk menerapkan kebijakan lockdown. Menurutnya, diperlukan pertimbangan yang sangat matang jika ingin menerapkan kebijakan lockdown, termasuk dampak yang ditimbulkan.

“Lockdown itu tidak gampang, mati itu semua rakyat kita. Jadi bagaiman kita seimbangkan masih bisa. Sekarang kalau kita lockdown apa itu kita bisa. Itu pertanyaan berikutnya,” katanya.

Sumber

WhatsApp chat