Selasa, Oktober 26onlinenews.co.id
Shadow

Jamin Kesehatan dan Kesejahteraan Petugas Pemakaman Covid-19, BPBD Manado, Eman: Ini Pekerjaan Mulia.

ONLINE NEWS CO.ID MANADO |Diketahui pekerjaan berisiko tinggi dan rentan terpapar Covid-19, maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado memberikan jaminan kesehatan dan kesejahteraan bagi para pekerja pemakaman Covid19.

Kepala BPBD Kota Manado, Peter Eman, katakan kepada wartawan NX melalui aplikasi Whats Up Sabtu (7/8/2021).

“Kesehatan mereka harus kita jamin. Karena jika melihat nilai yang mereka terima sama dengan THL lainnya. Hanya ini alasan kemanusiaan, sehingga petugas penuh dengan rasa sukacita,” ujar Eman.

Menurutnya untuk memastikan kesehatan para tim pemakaman protap Covid-19, maka seminggu sekali mereka menjalankan pemeriksaan kesehatan.

“Karena ada keluarga yang menanti mereka di rumah,” ujarnya.

Tambahnya, setiap kali memakamkan satu mayat, para petugas masing-masing menggunakan satu Alat Pelindung Diri (APD).

“Setelah digunakan langsung dibakar,” tambahnya kecuali disaat bersamaan ada dua atau lebih jenazah yang dimakamkan.

Disisi lain kata Eman, meningkatnya angka kematian karena Covid-19 membuat petugas pemakaman kewalahan dan harus menambah tim.

“Kita ketambahan tim untuk petugas pemakaman jenazah Covid-19. Sekarang ada empat tim, tiap hari dua tim bergantian,” jelasnya.

Dengan demikian maka ada jeda waktu bagi petugas pemakaman yang merupakan THL BPBD untuk beristirahat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sekadar diketahui, agar para petugas pemakaman tidak ada penolakan dari keluarga maka dalam proses rekrutmen BPBD meminta adanya surat persetujuan dari keluarga.

“Karena jangan sampai terjadi seperti di daerah lain, menolak petugas, bahkan keluarga,” tandasnya. (TEVRI)

WhatsApp chat