Rabu, Oktober 27onlinenews.co.id
Shadow

IRUP HUT Ke-398 Kota Manado, Walikota Andrei Angouw Ingatkan Semboyan DR Sam Ratulangi.

ONLINE NEWS.CO.ID MANADO | WaliKota Andrei Angouw dan Wakil WaliKota dr Richard Sualang pemimpin teladan pilihan Rakyat Peringati HUT Kota Manado dengan menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-398 dengan Rabu (14/7/2021) di lapangan Sparta Tikala yang termasuk wilayah Tanah Adat Wanua Tikala adalah sebagian Wilayah Pakasaan Umbanua Wenang yang dahulu Wanua (red, kampung) Tikala di kepalai Walak Pinontoan.

Diketahui Walikota Angouw menjelaskan makna dalam lambang Pemerintahan Kota (Pemkot) Manado dan masing-masing memiliki arti dan makna

Yang pertama gambar bintang melambangkan bagian dari NKRI, gambar pohon kelapa bagian dari Pemerintah Sulawesi Utara, gambar gunung Manado Tua menandakan sudah ada sejak dahulu dengan pesisir pantai, gambar burung hantu sebagai culture beragam yang ada di Manado dan bagian dari daerah Minahasa, pada bagian kiri serta kanan terdapat huruf S dan R yang adalah singkatan dari Sam Ratulangi.

“Sitou Timou Tumou Tou serupa dengan falsafah negara kita Pancasila, yang diartikan gotong royong. Sitou Timou Tumou Tou, kita memanusiakan orang lain, manusia ada untuk memanusiakan yang lain,” jelas Angouw saat menjadi IRUP sambil kembali mengingatkan pesan DR Sam Ratulangi

Sementara Dikesempatan yang sama, Wali Kota menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada para ASN yang memiliki masa kerja paling lama kurang lebih 30 tahun.

Turut hadir dalam upacara ini yakni Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan, Sekretaris TP PKK dr Merry Sualang Mawardi, jajaran Forkompinda, Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota Manado.

Bagi pejabat yang tidak hadir secara fisik, mengikuti upacara ini secara online/virtual yang dilakukan dengan menggunakan teknologi video conference melalui aplikasi zoom cloud meeting yang diakses pada handphone/laptop dari tempat masing-masing.

Upacara ini dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan guna pencegahan terhadap wabah Covid-19.
PENULIS : TEVRI NGANTUNG

WhatsApp chat