Minggu, November 28onlinenews.co.id
Shadow

Hadiri Penganugerahan Santripreneur Award 2021, Wapres Apreasiasi Semangat Berkarya di Tengah Pandemi

ONLINENEWS : Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin menghadiri acara Penganugerahan Santripreneur Award 2021 secara virtual di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Senin (22/11/2021).

Dalam acara yang bertema “Make Startup, Fly Higher” tersebut, Wapres memberikan apresiasinya atas acara penganugerahan yang selama dua tahun terakhir diadakan di masa pandemi Covid-19. Sebab, acara ini menunjukkan bahwa semangat para santri dan pelaku usaha untuk terus berkarya tidak surut meskipun banyak tantangan yang dihadapi.

“Saya ucapkan selamat kepada Santripreneur lndonesia atas terselenggaranya Santripreneur Award 2021. Ini kedua kalinya Santripreneur Award diselenggarakan di tengah pandemi. Namun, kondisi ini tidak menyurutkan semangat Santripreneur Indonesia maupun para peserta untuk terus berkarya,” ungkap Wapres.

Wapres pun berpesan, kepada seluruh pemenang dan nominator agar keberhasilan yang telah diraih dapat dijadikan motivasi untuk terus berkarya sehingga nantinya mampu menjadi penggerak roda perekonomian nasional.

“Kepada pemenang dan nominator, saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih. Jadikan prestasi ini sebagai motivasi untuk terus tumbuh di tengah berbagai tantangan, serta tetap berkontribusi membangun ekonomi negeri,” imbau Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres berharap agar Santripreneur Indonesia dapat menjadi lembaga pemberdaya ekonomi berbasis pesantren yang amanah serta melanjutkan komitmen untuk membangun santri yang tangguh dan unggul di masa depan.

“Saya berharap Santripreneur Indonesia dapat menjadi lembaga pemberdaya ekonomi berbasis pesantren yang amanah, serta mampu istiqomah dalam mewadahi dan membina para santri. Kita ingin membentuk lebih banyak Santripreneur tangguh dan unggul, serta senantiasa menjunjung nilai kepesantrenan dalam menjalankan dedikasinya kepada bangsa,” pungkas Wapres.

Sejalan dengan Wapres, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, menyampaikan apresiasinya dan berharap acara Penganugerahan Santripreneur Award 2021 tidak berhenti sebagai sebuah kegiatan seremonial saja namun harus diikuti dengan semangat dan implementasi untuk memberdayakan para santri di Indonesia.

“Semoga [kegiatan] ini bisa membangkitkan ekonomi kita, memotivasi semangat para santri untuk terus meningkatkan kapasitas dan keterampilan di berbagai bidang terutama kreativitas dan inovasi serta kewirausahaan,” tutur Sandi.

Sebelumnya, Inisiator dan Ketua Dewan Pembina Santripreneur Indonesia Ahmad Sugeng Utomo, melaporkan bahwa acara Penganugerahan Santripreneur Award 2021 dapat terwujud atas kolaborasi dari berbagai pihak. Ia pun berharap, agar acara penganugerahan yang telah berlangsung selama 7 tahun ini dapat membawa dampak signifikan bagi kesejahteraan santri dan masyarakat di sekitarnya.

“Harapan ini tentunya tidak akan pernah bisa terlaksana tanpa kesediaan saudara-saudaraku semua untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun para pejuang ekonomi bangsa Indonesia sehingga kita mejadi negara yang kuat dalam ekonomi. Negara yang kuat dalam ekonominya tentu akan membawa dampak yang sangat signifikan bagi kesejahteraan masyarakatnya,” tandasnya.

Sebagai informasi, dalam penganugerahan Santripreneur Award 2021, terdapat 12 nominator dari 3 kategori yaitu kategori kuliner, kategori Kreatif, dan kategori Industri Perdagangan dan Jasa.

Adapun tiga nama pemenang dari masing-masing kategori adalah:

  1. Sahrul dari Bunda Syifa Keripik untuk kategori Kuliner.
  2. Zainul Arifin untuk kategori Kreatif.
  3. M. Hafid Rosidin dari PT. Berkah Inovasi Kreatif Indonesia untuk kategori Industri Perdagangan dan Jasa.

Selain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno,  dan Inisiator dan Ketua Dewan Pembina Santripreneur Indonesia Ahmad Sugeng Utomo, hadir dalam acara ini Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah, Direktur Pembiayaan Syariah Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Ari Permana, Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia M. Azrul Tanjung, dan Perwakilan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Marsudi Syuhud.

Sementara Wapres didampingi oleh Plt. Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wapres Suprayoga Hadi, serta Staf Khusus Wapres Bambang Widianto dan Masduki Baidlowi.

Sumber : wapresri.go.id

WhatsApp chat