Minggu, Oktober 17onlinenews.co.id
Shadow

Hadiri Hari UMKM Nasional ke-6,BRI Kanwil Manado Sarjono Komitmen Majukan UMKM di Sulut.

ONLINE NEWS. CO. ID MANADO |
CEO Regional BRI Manado, John Sarjono dalam sambutan peringatan Hari UMKM Nasional ke-6 di God Bless Park Manado mengatakan Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Manado berkomitmen memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan IKM yang ada di Sulawesi Utara, Kamis (12/8).

Dijelaskan John sapa akrab bahwa untuk membangun UMKM, BRI terus membantu serta memberikan layanan secara maksimal. BRI juga membantu mengembangkan bisnis di masa Pandemi Covid-19 ini seperti digitalisasi melalui QRIS untuk mempermudah tranksaksi para pelaku UMKM.

“Digitalisasi ini juga sebagai upaya meminimalisir pencegahan Covid-19, masyarakat dapat melakukan transaksi pembayaran langsung dengan melakukan scan barcode QRIS dari masing-masing smartphone pembeli yang memiliki dompet digital,” kata John.

Menurut John, dari total 112.949 UMKM di Sulut, sudah 100.018 UMKM atau 88,9% UMKM telah menjadi debitur BRI. Bahkan sepanjang 2021, BRI telah mengalokasikan KUR di Sulut sebesar Rp1.755 dan sampai dengan Juli 2021, BRI telah mengalirkan Rp678 miliar.

“Doakan kami di sisa waktu yang ada di tahun ini untuk menyelesaikan PR ini. Akan sayang kalau tidak terserap untuk UMKM,” tambah John.

John menambahkan bahwa Bank BRI turut menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan mengalirkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Hingga Juli 2021 terdapat 190.049 UMKM yang mendapatkan bantuan BPUM dengan total alokasi sebanyak Rp288 miliar.

“Kami terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik kepada UMKM di Sulawesi Utara dengan harapan dapat bersinergi dan menjadi mitra UMKM dalam membangun perekonomian Sulawesi Utara menjadi lebih baik,” tutup dia

Selain itu Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw hampir dua tahun Sulut bergelut dengan pandemi Covid-19. Namun, semua pihak harus bertahan, ikhtiar, dan optimis.

“Dari parameter empiris penanganan covid kita cukup baik. Ekonomi sangat membanggakan karena di atasekonomi nasional. Laporan BPS juga menunjukkan pertumbuhan ekonomi kabupaten kota merata. Ini kerja semua pemangku kepentingan baik pemerintah maupun yang lainnya,” tutur Wagub Kandouw

“Terima kasih untuk Pak John Harjono yang tidak gembor gembor tapi betul-betul tulus membantu di daerah. Sepak terjang BRI punya andil lebih 20 persen untuk mempertahankan ketahanan ekonomi kita,” sambung Wagub.

Tambah Kandouw bahwa masyarakat harus dibangkitkan dalam usaha. “Ada kemauan disitu ada jalan. Pemerintah harus mengidentifikasi, mengakumulasi, dan mengaregasi mana umkm-umkm yg bisa dibantu. Pak kadis (Ronald Sorongan) jangan loyo-loyo, gelorakan ini,” tutupnya.

Pada kesempatan itu turut dibagikan hibah barang bagi 70 UKM Sulut, BPUM kepada sejumlah pelaku usaha, bantuan KUR BRI, bantuan PKH, dan bantuan sembako BRI.

Block Title

Tab

Short Description 1

Ditempat terpisah Manager SME Area Pamasuka Raymond F Sembiring yang diwakili Desmond AMx Sulawesi Utara dalam rangka mendukung Hari UMKM Nasional ke-6 mengatakan, ” Telkomsel juga mendukung dalam rangka menopang peningkatan majunya IKM dan UKM didaerah ditengah pandemi ini ada program layanan Seperti Suporter Digitalisasi UKM Solusiku, Pemasok dan Keuangan ku Melalui B2B Platform 99 persen Usahaku Telkomsel”. Kata Desmon AMx Sulit.

Turut hadir juga dalam acara ini Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut Ronald Sorongan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat, Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang, Desmond AMx Sulawesi Utara,
sejumlah undangan lainnya, serta 56 Pelaku UMKM Sulawesi Utara.

WhatsApp chat