Rabu, Oktober 27onlinenews.co.id
Shadow

Gunakan Mobile Lab PCR, Kemendagri Gelar Tracing Covid-19 Bagi Pegawai Ditjen Dukcapil

ONLINENEWS : Jakarta – Dengan menggunakan mobile lab polymerase chain reaction (PCR), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar tracing Covid-19 bagi pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Kegiatan ini merupakan ikhtiar Kemendagri dalam penanganan Covid-19, khususnya dalam upaya mencegah penularan Covid-19 di lingkungan perkantoran.

Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemendagri Heru Tjahyono mengatakan, di tengah makin melandainya kasus positif Covid-19 di Indonesia, kegiatan tracing ini juga untuk memastikan bahwa Covid-19 sudah benar-benar terkendali di lingkungan Kemendagri. “Supaya jangan ada ketularan lagi di perkantoran lingkup Kemendagri. (Kalaupun) ternyata misalnya didapati (masih ada yang positif), kita masih punya benteng lah,” kata Heru di sela kegiatan swab test PCR massal di kompleks perkantoran Ditjen Dukcapil pada Kamis (23/09/2021).

Apalagi, kata Heru, hasil test Covid-19 melalui mobile lab PCR ini keluar dalam waktu yang tergolong singkat. Tak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meringankan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan tes Covid-19. Adapun swab test PCR kali ini disediakan untuk 150 orang pegawai Ditjen Dukcapil, baik PNS dan non-PNS dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Ditjen Dukcapil Sutrisno mengatakan, agenda ini menjadi langkah baik dalam rangka pencegahan Covid-19 di semua unit kerja eselon (UKE) I atau komponen Kemendagri. “Harapan saya hasilnya mudah-mudahan sangat baik, menggembirakan, dalam rangka (memperkuat) 3T (testing, tracing, treatment). Mudah-mudahan dari testing-tracing ini tidak ada hasil yang positif, mudah-mudahan negatif (semua),” kata Sutrisno.

Pelaksanaan tracing yang difasilitasi Biro Umum Setjen Kemendagri tersebut juga mendapat tanggapan positif dari pegawai Ditjen Dukcapil. Rusydi MS, salah satu peserta swab test PCR, menyampaikan apresiasi atas kegiatan di kantornya tersebut. Ia berharap Biro Umum agar semakin intens memfasilitasi pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Kantor Kemendagri.

Diketahui, agenda di Ditjen Dukcapil kali ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan tracing sebelumnya. Pada 8 September 2021 lalu juga telah dilaksanakan kegiatan tracing bagi pegawai di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri. Selanjutnya, Biro Umum dengan mobile lab PCR-nya juga akan menyambangi berbagai komponen UKE I lainnya di lingkungan Kemendagri, bahkan hingga Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Sumber : kemendagri.go.id

WhatsApp chat