Sabtu, November 27onlinenews.co.id
Shadow

Evaluasi Rerata Capaian Kanwil, Sekjen Ingatkan Target Kinerja

ONLINENEWS : Bogor (Kemenag) — Biro Ortala Setjen Kemenag mengevaluasi capaian kinerja 13 Kanwil pada Zona Barat, di Bogor. Evaluasi difokuskan pada capaian kinerja triwulan ketiga tahun 2021.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar mengingatkan para  Kepala Kanwil Kemenag Provinsi agar memperhatikan Dokumen Perjanjian Kinerja yang telah ditandatangani.  “Sehingga target kinerja yang telah ditetapkan dapat tercapai,” pesan Nizar di Bogor, Kamis (21/10/2021).

Rapat diikuti oleh perwakilan dari 13 Kanwil Kemenag Provinsi yang bertanggung jawab dalam pelaporan capaian kinerja dan penyusunan resntra.

“Laporan kinerja baik triwulanan maupun tahunan harus menjadi perhatian sebagaimana halnya Laporan Keuangan,” sambungnya.

Dalam penyusunan dokumen perencanaan, yaitu: Renstra dan Perkin pada Kanwil Kementerian Agama, agar mengacu pada Dokumen Renstra Kementerian Agama Pusat, sehingga bisa selaras antara Pusat dan Daerah.

Sekjen meminta Kanwil Kemenag meningkatkan koordinasi antara unit yang menangani Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, dan Pelaporan Kinerja. Kualitas pelaporan kinerja Kanwil juga harus terus ditingkatkan agar dapat memberikan umpan balik terhadap perbaikan perencanaan kinerja tahun berikutnya.

“Laporkan capaian kinerja melalui Aplikasi Sistem Informasi Performa Kementerian Agama (SIPKA) secara berkala dan tepat waktu,” tandasnya.

Evaluasi renstra, perjanjian kinerja, dan capaian kinerja triwulan ketiga tahun 2021 digelar per zona. Untuk Zona Barat, ada 13 Kanwil Kemenag Provinsi, dari Aceh hingga Jawa Barat.

Kepala Biro Ortala Setjen Kemenag Akhmad Lutfi menjelaskan, rapat bertujuan mengevaluasi renstra, perjanjian kinerja, dan capaian kinerja setiap triwulan. Evaluasi berbasis pada pelaporan melalui aplikasi SIPKA. Hasil evaluasi diharapkan dapat mengidentifikasi hambatan dan kendala dalam pelaksanaan perjanjian kinerja, sehingga bisa segera dirumuskan solusinya.

“Rata-rata capaian kinerja 13 kanwil yang ikut dalam rapat ini di atas 71,27% atau masuk kategori cukup. Ini tentu harus terus ditingkatkan sehingga capaian bisa lebih maksimal,” ujar Akhmad Lutfi.

Plt Kepala Biro Perencanaan Setjen Kemenag Ida Noor Qosim menambahkan dalam periode Renstra Kementerian Agama Tahun 2020-2024, Kementerian Agama memiliki beberapa peran strategis keagamaan bagi pembangunan nasional. Peran strategis itu utamanya dalam upaya mengokohkan persatuan dan kesatuan, pendidikan karakter, budaya menebar manfaat, sikap moderat dan kedamaian.

Berikut ini capaian kinerja 13 Kanwil Kemenag Provinsi pada triwulan ketiga tahun 2021:

1. Kanwil Kemenag Prov. Aceh sebesar 78% (Cukup);

2. Kanwil Kemenag Prov. Sumatera Utara sebesar 75,08% (Cukup);

3. Kanwil Kemenag Prov. Sumatera Barat sebesar 76,60% (Cukup);

4. Kanwil Kemenag Prov. Sumatera Selatan sebesar 78% (Cukup);

5. Kanwil Kemenag Prov. Riau sebesar 75,99% (Cukup);

6. Kanwil Kemenag Prov. Kep Riau sebesar 66,22% (Cukup);

7. Kanwil Kemenag Prov. Jambi sebesar 72,90% (Cukup);

8. Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu sebesar 60,78% (Cukup);

9. Kanwil Kemenag Prov. Lampung sebesar 76,17% (Cukup);

10. Kanwil Kemenag Prov. Bangka Belitung sebesar 70,52% (Cukup);

11. Kanwil Kemenag Prov. Banten sebesar 61,21% (Cukup);

12. Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta sebesar 66,12% (Cukup); dan

13. Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat sebesar 73,10% (Cukup).

Sumber : kemenag.go.id

WhatsApp chat