Sabtu, November 27onlinenews.co.id
Shadow

Dekranas Gelar Diklat Kerajinan Bambu Bagi Para Pelaku Usaha UMKM di Geopark Ciletuh Sukabumi

ONLINENEWS : Sukabumi- Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bekerjasama dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bari para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan UNESCO Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat. Kegiatan diklat berlangsung selama 5 hari, mulai Selasa 8 November s.d Sabtu 13 November 2021.

Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas yang juga selaku Dewan Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perhubungan Endang Budi Karya, hadir langsung ke Geopark Ciletuh, Sukabumi, untuk menutup diklat bertema “Pengembangan Kerajinan Berbahan Baku Bambu”, pada Sabtu (13/11).

“Diklat ini menjadi salah satu upaya kami untuk mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah, memanfaatkan potensi bambu yang ada di wilayah Geopark Ciletuh ini,” kata Endang.

Endang Budi Karya menjelaskan, diklat ini merupakan diklat kedua yang diselenggarakan di kawasan geopark, yang menjadi program dari Dekranas “Goes To Geopark”. “Melalui program wirausaha baru ini, diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan SDM yang dapat menggalakkan berbagai sektor. Sehingga ekonomi masyarakat terus berkembang menuju Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh,” ujar Endang.

Endang Budi Karya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada sejumlah pihak yaitu, PPSDM Geominerba Kementerian ESDM yang telah bersinergi dengan Dekranas, Penasehat dan Pengurus DWP Kementerian ESDM, Pengurus Dekranas, Dekranasda Sukabumi, Pemda Sukabumi, Ketua Asosiasi Dunia Bambu Sukabumi, dan juga para mentor yang telah membimbing para peserta dengan sepenuh hati.

“Dekranas melalui berbagai programnya akan terus berupaya meningkatkan kualitas desain dan kemasan produk dari para pelaku usaha kecil dan menengah, agar sesuai dengan selera pasar dan dapat bersaing dan memperluas jangkauannya di pasar global,” ungkap Endang.

Turut hadir secara virtual pada acara penutupan diklat, Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian dan Wakil Ketua Harian II Nanny Hadi Tjahjanto. Serta, turut hadir secara langsung Dewan Penasehat DWP Kementerian ESDM selaku Pengurus Dekranas Bidang Wirausaha Baru Ratna Arifin Tasrif, Penasehat DWP Kemenhan selaku Pengurus Dekranas Bidang Wirausaha Baru Metty Herindra, Kepala PPSDM Geominerba Kementerian ESDM Bambang Utoro, Pengurus Dekranas sekaligus Narasumber Diklat Pengembangan Kerajinan Berbahan Baku Bambu Wignyo Rahardi dan para pengurus DWP Kemenhub.

Sumber : dephub.go.id

WhatsApp chat