Selasa, Oktober 26onlinenews.co.id
Shadow

BLT Anak Sekolah Rp 4,4 Juta Cair, Ini Cara Cek Penerimanya

ONLINENEWS : JAKARTA – Pemerintah mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk anak sekolah pada Juli 2021. Ini adalah dari bantuan sosial (bansos) yang diberikan kepada masyarakat miskin selama PPKM Darurat.

BLTM anak sekolah merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH). Nilai totalnya mencapai Rp 4,4 juta per tahun jika satu keluarnya memiliki anak sekolah SD, SMP, dan SMA. Rinciannya, BLT untuk Siswa SD sebesar Rp 900 ribu, SMP Rp 1,5 juta, dan SMA Rp 2 juta.

Untuk mengecek masyarakat yang mendapatkannya bisa dengan mengunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id. Dalam situs masukkan semua data yang dibutuhkan kemudian akan keluar informasi apakah kamu terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak.

Setidaknya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para penerima BLT ini. Berikut rinciannya :

  • Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  • Terdaftar di lembaga pendidikan formal (SD/SMP/SMA/SMK) dan non formal (PKBM/SKB/LKP) di daerah masing-masing
  • Terdaftar di Data Pokok Pendidikan Lembaga Pendidikan
  • Bagi yang tidak memiliki KIP, bisa melakukan pendaftaran dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke lembaga dinas pendidikan setempat.
  • Bagi yang tidak memiliki KKS, orang tua siswa bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW hingga kelurahan masing-masing.

BLT anak sekolah dicairkan dalam 4 kali pencairan yaitu pada Januari, April, Juli, dan Oktober. Pencairannya melalui bank pelat merah yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Sumber

WhatsApp chat