Sabtu, November 27onlinenews.co.id
Shadow

Akibat Fitur Add Yours Instagram, Wanita Ini Ungkap Celah Penipuan

ONLINENEWS : Fitur terbaru yang dimiliki Instagram yaitu add yours, yang menjadi sebuah fitur yang cukup interaktif untuk gunakan pengguna. Namun Telah terjadi penipuan, akibat adanya fitur tersebut.

Konsep dari fitur add yours adalah stiker untuk membuat utas umum di IG Stories. Denganpermintaan khusus dan respons publik, pengguna dapat membagikan stiker dan melihat siapa yang meresponsnya di Stories mereka sendiri. Seperti respon tentang menjawab pertanyaan dari stiker add yours sebagai contoh : lagu favorit, makanan favorit, sampai penggilan nama sehari-hari.

Namun dimasa konsep interaktifnya fitur tersebut, ada unsur kriminal dibaliknya, karena hal ini bisa menjadi wada informasi bagi oknum penipu dengan mengumpulkan beberapa data dari subjek yang ingin ia tujukan.

Karena telah heboh bahwa akibat menggunakan fitur add your seorang wanita yang mengaku menjadi temannya korban penipuan, akibat mengikutii tantangan dari ‘Add Yours: dengan jenis tantangan ‘Variasi Nama Panggilan Kamu’.

Wanita yang memiliki akun Twitter bernama, @ditamoechtar_ membagikan cerita temannya yang menjadi korban tertipu oleh oknum dengan menggunakan nama panggilannya saat kecil yang diketahui beberapa orang saja.

Korban pun otomatis percaya untuk memberikan uang senilai 35 juta kepada oknum penipu tersebut, karena ia anggap itu adalah pihak dari keluarganya, dan ia pun tergerak untuk membantunya.

“Dia tertipu sampai 35 juta, karena dia pikir itu kakak dari ibunya,” jelas Dita Moechtar yang menjelaskan temannya sebagai korban yang tertipu karena dia tidak mengenali suara penipu saat di telepon.

Sampai saat ini belum diketahui tindakan apa yang telah dilakukan temannya Dita, karena belum ada kabar lanjutan dari dita, namun ini menjadi pelajaran bagi pengguna, untuk lebih bijaksana dalam memberikan hal pribadi ke social media.

Pihak Meta Indonesia, selaku yang menaungi sosial media Instagram di Indonesia memberikan respon, dengan merencanakan akan mengahapus fitur add yours, karena adanya celah bagi para penipu.

Selain menghapus fitur add yours di Instagram, Meta Indonesia juga berencana akan menghapus semua fitur, yang banyak mengungkapkan  informasi identitas pribadi atau informasi pribadi lainnya yang menyebabkan kerugian fisik atau keuangan.

Sumber : selular.id

WhatsApp chat