Sabtu, November 27onlinenews.co.id
Shadow

Ajak Nobar Film Kadet 1947, Kadispenau Bangkitkan Patriotisme Personel Dispenau

ONLINENEWS.CO.ID, JAKARTA –

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos., mengajak personel Dispenau nonton bersama (Nobar) film Kadet 1947, Kamis (25/11/2021).

Nobar yang dilaksanakan di bioskop XXI mall Cijantung Jakarta Timur, menurut Kadispenau untuk membangkitkan kembali patriotisme di kalangan prajurit Dispenau khususnya dan anak muda umumnya.

 "Saya sengaja mengajak personel Dispenau Nobar Film Kadet 1947,  karena ceritanya syarat dengan nilai-nilai patriotisme, pantang menyerah,  dan rela berkorban, ini pas banget  untuk membangkitkan nasionalisme generasi muda saat ini," tegas Kadispenau.     

  Film berdurasi 110 menit ini,  mengisahkan tentang serangan udara yang dilakukan para Kadet Angkatan Udara ke markas tentara Belanda di Semarang, Ambarawa, dan Salatiga pada 29 Juli 1947.

 Film Kadet 1947  menggambarkan aksi berani Kadet (Taruna Calon Penerbang AURI) melaksanakan tugas negara, yaitu misi penyerangan melalui udara terhadap markas Belanda di Semarang, Salatiga dan Ambarawa tahun 1947.

 Salah seorang penonton yang baru menyaksikan  Film Kadet 1947, April dari Pondok Gede  mengungkapkan rasa bangga, atas keberanian  para Kadet yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan. 

Sementara penonton yang lain Beni, dari Tangerang, menyatakan, dari aspek sejarah, film ini bisa menggambarkan segala keterbatasan saat itu, bukan menjadi halangan bagi para Kadet AURI untuk melaksanakan tugas,  menyiapkan pesawat dan melaksanakan operasi udara. 

Kisah perjuangan para Kadet tersebut, saat ini selalu diperingati oleh TNI Angkatan Udara setiap tanggal 29 Juli sebagai Hari Bakti TNI Angkatan Udara.(dispen/hans)
WhatsApp chat